Kenapa Indomaret dan Alfamart Berdampingan?

Jika kamu tinggal di kota-kota besar, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan minimarket retail merek Indomaret dan Alfamart. Keduanya adalah perusahaan ritail modern asli berasal dari indonesia.
Indomaret adalah sebuah merek dagang yang bernaung dibawah Salim Grup, yaitu Antoni Salim. Diantaranya juga menaungi merek dagang terkenal lainnya, seperti Indofood, indogrosir, indomarco dan lainnya.

Sedangkan Alfamart adalah perusahaan retail yang baru berumur 18 tahun, bernaung dibawah pimpinan Joko Susanto atau yang sering dikenal sebagai Alfa Grup. Menaungi beberapa merek dagang, seperti Alfamart, Alfamidi, Dandan, Alfacart.com dan sebagainya.
Di atas merupakan profil singkat kedua perusahaan, lantas yang sering menjadi pertanyaan kita selama ini, kenapa Indomaret dan Alfamart selalu berdampingan?
Apakah Indomaret dan Alfamart sedang PDKT? Atau mereka selalu ingin berdua, namun hubungan mereka tidak direstui? Hmmmm..

Berikut ini adalah beberapa alasan dan jawabannya.
1. Pilihan lokasi yang strategis
Lokasi adalah pilihan pertama yang menentukan kelanjutan sebuah perusahaan retail seperti Indomaret dan Alfamart, karena penentuan lokasi pasti akan mempengaruhi banyak hal.
Diantaranya biaya dan lama waktu pendistribusian barang/produk dari gudang ke outlet, ketersediaan koneksi internet atau jaringan telpon, air bersih, dan pertimbangan faktor alam seperti daerah bencana atau tidak.
2. Bangunan yang memenuhi standar
Selanjutnya adalah bangunan tempat kegiatan usaha itu berlangsung nantinya, bangunan haruslah memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Seperti luas bangunan, tinggi bangunan, bahan bangunan, ketahanan bangunan dan fasilitas yang dimiliki bangunan. Jika bangunan tersebut memenuhi kriteria, maka pihak perusahaan akan membuat kesepakatan/perjanjian sewa kepada pemilik bangunan.
Jadi apabila ada Alfamart dan Indomaret berdekatan, mungkin karena bangunan tersebut memenuhi standar masing-masing perusahaan.
3. Daya beli konsumen
Walaupun lokasi dan bangunan tersedia, tidak ada artinya apabila disekitar lokasi tersebut tidak memiliki konsumen dengan daya beli yang tinggi, karena memang perusahaan seperti Indomaret dan Alfamart itu tujuan utamanya adalah jualan.
Apabila daya beli komsumen di sekitar rendah, maka sangat tidak mungkin untuk beroperasinya sebuah outlet alias tidak balik modal, karena sebuah outlet Alfamart m Indomaret juga butuh pemasukan untuk bayar listrik, bayar air, jaringan internet, pajak, gaji karyawan dan lain sebagainya.
Oke, alasan ketiga adalah daya beli konsumen daerah tersebut.
4. Kemudahan izin pemerintah daerah
Tentunya sebuah outlet Indomaret dan Alfamart harus ada izin dari Pemda setempat, mulai dari yang terdekat seperti Ketua RT, RW, Lurah, camat, walikota dan berbagai pihak yang berhubungan lainnya.
Apabila outlet tersebut tidak memiliki izin, maka pihak sponsor atau pihak produsen yang akan bekerjasama, juga tidak berani menempatkan produknya di outlet tersebut.
Karena khawatir nanti outlet dilarang beroperasi, maka produknya tidak terjual, perawatan semakin mahal, masa expired semakin dekat dan biaya sewa terus berjalan.
Misalnya : Sewa Freezer eskrim, daging ayam kemasan, nuget atau sewa Mesin ATM.
Apabila perizinan dipermudah, maka sangat mungkin sekali apabila Indomaret dan Alfamart berada di tempat yang berdekatan.
5. Keamanan
Akhir-akhir ini, tindak kejahatan banyak terjadi pada outlet-outlet seperti Indomaret atau Alfamart.
Seperti perampokan bersenjata atau dibobol maling, walaupun outlet Alfamart/Indomaret terdapat CCTV diberbagai sudut outlet, sepertinya maling jaman sekarang juga sudah semakin canggih, semakin berani dan nekat.
Hal tersebut juga menjadi pertimbangan pihak Indomaret dan alfamart, untuk membuka outlet di daerah tersebut.
6. Tersedianya SDM yang diinginkan perusahaan
Biasanya pihak Indomaret/ Alfamart akan mencari sumber daya manusia, Putra-putri asli dari daerah tersebut.
Selain menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran, juga sebagai strategi untuk memudahkan komunikasi kasir/pramuniaga terhadap masyarakat sekitar.
Dengan komunikasi yang baik tersebut, maka hubungan baik perusahaan dan masyarakat sekitar akan tercipta.
7. Persaingan perusahaan
Alasan selanjutnya adalah persaingan kedua perusahaan yang sudah dimulai perang dingin sejak lama, sama-sama bersaing merebut hati konsumen/pembeli di daerah sekitar dengan berbagai cara. Seperti mengadakan event nonton bareng, promo harga paling murah, hingga persaingan kasir yang paling cantik.
Menurut kamu, yang cantik itu kasir Indomaret atau kasir Alfamart sih?
8. Permintaan masyarakat
Di beberapa daerah terdapat Outlet Indomaret / Alfamart yang hadirnya atas permintaan masyarakat sekitar, dikarenakan daerah tersebut masih sepi pertokoan atau penjual produk sehari-hari. Atas dasar pengajuan tersebut, pihak Alfamart/Indomaret juga langsung survei lokasi tersebut, apakah memenuhi kriteria yang diminta atau belum. Apabila sudah memenuhi kriteria, maka langsung diproses untuk dibangun outlet, meskipun harud berdampingan.

Intinya rezeki masing-masing, bersaing secara sehat dan menyerap banyak pekerja.
Menurut kamu, kenapa alfamart dan indomaret selalu berdampingan?

Comments

  1. TRADING ONLINE TERPERCAYA
    Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
    HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

    yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
    Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%** T&C
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

    ReplyDelete

Post a Comment

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)