// // 16 comments

Banyak membaca itu penting

Dulu, tentu kita masih ingat ketika kita berjuang keras untuk bisa membaca. Mulai menghafal dari satu abjad, dua abjad, sampai kita mengenal semua abjad. Pelan-pelan kitadituntun lembut dengan guru kita untuk mengeja abjad-abjad satu-persatu yang tertera di papan tulis, sampai akhirnya kita benar-benar bisa membaca. Walaupun bibirnya masih gemeteran..
Terkadang muncul juga rasa iri di hati, jika teman kita sudah lancar membacanya, sementara kita sendiri masih belum.

Setelah bisa membaca, kita juga selalu mencari-cari bahan bacaan yang baru dan menarik untuk dibaca. Walaupun dulu agak sulit nemuin bahan bacaan, tapi kita selalu berusaha untuk minjem sama temen dan kadang-kadang lupa dibalikin sampe bukunya rusak.

Yang dicari itu adalah bacaaan seperti komik-komik, majalah anak-anak seperti Bobo dan tulisan serial anak-anak yang lainnya, kecuali koran.


Itu dulu, lalu bagaimana dengan sekarang?

Sedihnya, generasi sekarang lebih banyak males untuk membaca. Bisa dilihat dari sepinya yang nongkrong perpustakaan sekolah ataupun kampus, karena mereka lebih banyak memilih untuk main gadget masing-masing ketika ada waktu luang, dibandingkan untuk baca buku.


Padahal sekarang bahan bacaan itu sangat mudah didapatkan, entah dari internet, buku, koran, tabloid, majalah, dll. Kita justru terjerumus dengan media sosial yang selalu memikat, akibatnya tata bahasa kita agak kacau, dikarenakan kita nggak bisa memilah mana bahasa gaul dan bahasa formal. Hehe..
Tapi kalo diperhatikan lagi, semakin kesini tuh orang-orang mulai senang nulis. Dan dibeberapa daerah juga sudah ada yang namanya kelompok baca dan perpustakaan mobile. Walaupun presentase yang males membaca, itu lebih besar dari yang membaca.

Apa aja sih manfaat dari banyak membaca?

# Mendapatkan informasi terbaru

Informasi yang lengkap itu adanya di media cetak, entah itu koran ataupun buku. Sebab yang sering dimunculin di TV itu hanya informasi-informasi yang lagi ngetren aja. Emang elo pernah lihat di TV, tentang apa itu puisi, pantun, prosa? Enggak kan, karena semuanya itu adanya cuma di buku dan internet yang berasal dari berbagai referensi.

# Menambah wawasan

Kalo ngandalin pendidikan dari sekolah atau kampus doang, kita nggak akan tau apa-apa tentang perkembangan di dunia luar, misalkan tentang teknologi, tentang politik, tentang hukum, dll.
Dengan membaca, kita pasti akan mendapatkan apa yang tidak kita dapatkan di sekolah ataupun kampus. Karena ada banyak yang harus kita tau tentang daerah di sekitar kita, perlu kita tau siapa saja orang-orang yang akan memimpin daerah kita. Dari segi pariwisata pun juga, kita juga bisa tau daerah mana saja yang menarik untuk dikunjungi, semuanya itu akan kita dapatin dengan membaca.

# Menghilangkan stress (kecuali baca buku kimia dan fisik
Akibat kebanyakan tugas di kampus, atau kelelahan karena pekerjaan. Coba deh untuk membaca buku-buku yang bisa nyegerin pikiran kita, saran gue sih jangan baca buku kimia ya. Karena dari berbagai sumber yang gue pernah baca, stress itu bisa kita kurangi dengan cara membaca buku juga loh.

# Makin pinter
Semakin banyak elo baca buku, maka kamu akan semakin pinter. Logikanya sih gitu ya..

Coba pikirin, darimana elo bisa kenal blog kalo enggak dari baca-baca. Trus dari mana elo bisa main twitter, facebook kalo bukan dari membaca. Lihat, betapa ruginya mereka-mereka yang males membaca, mereka buta dengan teknologi dan buta akan informasi terbaru. Akibatnya, mereka sering diperbodohkan orang pintar.

# Menambah kosa kata dalam menulis
Bagusnya tulisan seseorang, itu mencerminkan seberapa sering dia membaca buku. Soalnya dengan banyak membaca buku, maka semakin banyak kosa kata yang akan kita ingat dan kemudian semakin mudah kita untuk menulis.
Kalo dari tulisan gue ini, masih kelihatan kacau kan? Berarti, yap gue harus membaca lebih banyak lagi.

# Kelihatan keren
Orang yang nongkrong megang gadget dan yang megang sambil baca buku, itu jauh lebih keren dan seksi yang membaca buku. Secara intelektualitasnya juga lebih berwawasan dengan yang suka membaca buku, dan itu terbukti loh.

Trus, kenapa sekarang kalian males untuk membaca?

Yuk, sebarkan virus-virus membaca. Yuk, kita bangkitkan lagi semangat membacanya..
Sekain, dan silahkan dikomentarin hehe..

Sumber gambar www.aviva.co.id

16 comments:

  1. # Kelihatan Keren
    Gw setuju bgt sama yang satu ini, dulu orang yang rajin baca buku di cap kutu buku, kurang pergaulan, pokoknya hal2 negatif deh tpi sekarang baca buku di muka umum kayaknya ada rasa kebanggan tersendiri

    ReplyDelete
  2. haha gue setuju semua bang, oya gue ngakak pas baca: Menghilangkan stress (kecuali baca buku kimia dan fisik) ketinggalan bang, matematika jgn lupa.
    bener banget membaca itu keren, membaca itu bisa bikin kosakata kita nambah, dan yang penting bikin kita jadi banyak pengetahuan :D

    tumben bener bang? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumben bener?
      Hehe.. Gue udah insyaf dit.

      Delete
  3. Gue setuju, bro. Gue share yah tulisan lu ini di grup gue, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, silahkan. Asal sumbernya dicantumin hehe..

      Delete
  4. jangan salah lho anak sekarang juga pada rajin baca. Iya baca timeline twitter ~~~ xD

    ReplyDelete
  5. Dalam konteks ini berarti kita bukan cuman baca lewat buku, tp bisa dari poster, online dll, bener ga ? :D

    ReplyDelete
  6. bener banget, setuju aku :D

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, lama kelamaan ngerasain banget dampak dari membaca.

    ReplyDelete
  8. Dan menurut gue, orang yang suka baca buku itu "seksi"

    ReplyDelete
  9. Iya kaka banyak membaca itu sangatlah penting apalagi membaca artikel-artikel blog aku.

    Kunjungin blog aku juga dong kakak, hehe..

    Ini link blognya kaka: http://fadillahabdi.blogspot.com/

    Thanks ya~~~

    ReplyDelete
  10. Kalau menurut saya, .membaca buku dapat menambah Inspirasi untuk menulis sebuah cerpen maupun novel.

    ReplyDelete
  11. Baca novel gak masuk loh yah... Baca buku non fiksi baru bikin pinter...

    ======================================================

    Pecinta Bola Gabung di Sini

    ReplyDelete
  12. http://www.wisataterpopuler.com/

    ReplyDelete
  13. Orang yang tau membaca tidak memiliki kelebihan dibandingkan dengan orang yang tidak tau membaca jika orang tersebut malas membaca.

    ReplyDelete
  14. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)