// // 13 comments

Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional)

Ujian Nasional merupakan momok yang sangat menakutkan bagi seluruh umat di indonesia, terutama anak-anak SMA dan anak-anak SMP, Kecuali anak-anak alay. Sebagai orang yang pernah merasakan ribetnya Ujian Nasional, gue sangat setuju kalo Ujian Nasional yang ada di indonesia ini dihapus aja.

Karena menurut gue Ujian Nasional itu cuma sebagai acara "menakut-nakuti" siswa aja. Toh, pada akhirnya guru-guru juga minta sumbangan ke siswa-siswa dengan alasan yang gak masuk akal. Untuk beli snack dan beli minum pengawas UN lah, untuk biaya keamananlah. Terkadang alasannya juga sangat gak penting, kayak untuk perbaikan atap sekolah yang bocor, pintu WC yang rusak, atau tiang bendera yang kurang lurus. Padahal yang pentingnya itu, ya untuk beli kunci jawaban sih.

Menurut gue, soal Ujian Nasional itu bagusnya dibuatin oleh guru-guru di sekolah masing-masing, gak perlu soal dari pusat. Karena soal yang dari pusat itu kualitasnya juga gak jauh beda kok dengan kualitas kertas hasil foto copy sebelah, kertasnya juga tipis banget dan mudah tembus. Terkadang gue curiga dan semakin susah ngebedain, antara pembalut dan kertas Ujian Nasional. Mungkin bedanya pembalut dengan soal Ujian Nasional, itu cuma di sayapnya doang yang gak kelihatan.

Tujuan pertama kalo ngikutin Ujian Nasional itu adalah LULUS, soal nilai biasanya dinomor duakan.
Nah, buat kalian yang pengen banget lulus Ujian Nasional kalian gak perlu pake acara-acara ritual aneh deh. Apalaagi sampe nyembah-nyembah pohon tua, minum air cucian kaki, pensilnya dimandiin pake air keramat. Gak banget!!


Ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan sebelum Ujian Nasional itu dimulai, menurut gue.
1. Siapin mental
Yang perlu disiapin sebelum Ujian Nasional itu berlangsung, yang pertama itu adalah mental. Karena mental itu adalah segala-galanya sebelum melakukan apapun, jangan sampe waktu Ujian Nasional berlangsung elonya malah sibuk kesurupan atau sibuk pingsan karena mental elo belum siap.

2. Pensil 2B (Sangat tidak diajurkan menggunakan pensil 36B)
Yang perlu disiapin yang kedua itu adalah pensil 2B, karena punya mental doang juga gak cukup tanpa pensil 2B. Misalnya elo sudah siap mental untuk ngikutin Ujian Nasional, tapi elo gak punya pensil untuk melingkari lembar jawaban. Percuma...
Gue saranin, gunakanlah pensil yang sesuai standar nasional. Yaitu pensil 2B dan bukan 36B, soalnya kalo yang 36B terlalu hitam.

3. Penghapus
Elo tau penghapuskan?
Tau gimana bentuknyakan?
Tau kegunaan dari yang namanya penghapuskan?
Oke, kayaknya gak perlu gue jelasin lagi deh.

4. Penggaris 
Yang ke 4, elo juga harus mempersiapkan yang namanya penggaris. Tapi penggarisnya adalah penggaris khusus untuk Ujian Nasional, bukan penggaris guru MTK elo yang pangjangnya semeteran itu. Penggaris itu nantinya elo gunain untuk melingkar jawaban di kertas LJK. Demi kelancaran Ujian Nasional, jangan pernah elo gunakan penggaris itu untuk ngupil, sesungguhnya itu adalah perbuatan yang tidak terpuji.

5. Berdo'a sebelum Ujian Nasional dimulai
Sebenarnya semua orang juga tau, kalo sebelum ngapa-ngapain itu harus berdo'a. Karena berdo'a itu juga akan meningkatkan kepedean elo 30%, berdo'alah sesuai yang diajarkan di dalam agama elo masing-masing. Bukan malah do'a dengan kuburan, pohon tua. ataupun benda-benda keramat.

6. Lambaikan tangan, kalo gak sanggup.
Kalo 5 tips di atas udah elo lakuin semua, tapi ternyata gak berhasil juga. Gue sarannin, elo lambaikan tangan deh ke pengawas Ujian. Gue ngomong gini bukannya tanpa alasan, daripada elonya jadi gila karena gak bisa jawab soal, ditambah lagi melonya gak pernah belajar di rumah dan gak punya kunci jawaban.

Mungkin itulah yang harus kalian persiapkan sebelum Ujian Nasional itu dilaksanakan, sukses buat kalian semua dan semoga lulus. Amin..


13 comments:

  1. Pensil 36B selain terlalu hitam juga terlalu lunak. Dikhawatirkan saat menyentuh permukaan kertas, inti pensil akan langsung hancur dan tumpeh-tumpeh.

    Kalo nggak shangguph...
    SHANGGUPHIN!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo yang ini ampun dah,.. ha ha

      Delete
  2. thanks infonya.berikan donasi amal dg cara klik 1 x iklan yang muncul di www.duniaislam.web.id

    ReplyDelete
  3. Rautannya ketinggalan tuh. Ngenes amat kalo mesti pake gigi buat najemin pensil (.____.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha iya nih, kelupaan. Tapi gapapa deh. Kan udah diwakilin sama yang pokok aja :)

      Delete
  4. tips yg sangat bermanfaat gan,, kebetulan ane akan menghadapi UN :)

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. gue mau UN nih u,u kelas 3 SMP u,u #Curhat ><

    ReplyDelete
  6. UN tu apaan ya? Kayaknya pernah denger dan pernah ngalamin deh.

    ReplyDelete
  7. saran gan pake hp yang screnguardnya ketebelan 0.5 warna item :D wkwkw, visit lagi yak

    ReplyDelete
  8. tips ini gak berlaku buat gue...
    krena gue udah enggak ketemu UN~

    ReplyDelete
  9. Ya, teliti sama pensil. Gue pernah dulu ngelingkarin ljk pake pensil 4b wuahaha nggak sadar, untung cuma tryout. Kalo UN beuh berabe (,--,)

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)