// // 46 comments

Jambi itu apaan sih?

Ternyata masih ada aja yang belum tau, jambi itu apaan sih?
Menurut gue, Jambi adalah sebuah provinsi yang hampir hilang dari luasnya peta indonesia. Terletak di pertengahan pulau sumatera, yang di dalamnya terdapat banyak hal yang menarik dan sulit untuk dilupakan. Layaknya seorang pacar yang kini telah menjadi seorang mantan, dibenci namun juga dikangeni. Halah apasih...

Perhatian!! Jika lo kehilangan tujuan hidup akibat membaca tulisan gue ini. Itu semua diluar tanggung jawab gue, harap di maklumi.
Sumber Gambar Jpnn.com

Apasih yang bikin lo pengen ke Jambi?
 Emangnya di Jambi ada apaan?
Kalo gue harus ceritain satu persatu tentang Jambi, kayaknya nggak bakalan ada habisnya. Karena ada banyak hal yang bisa bikin lo pengen banget datang ke Jambi, dan pastinya akan membuat lo terkesan.

Dimulai dari Jambi wilayah barat, ada sebuah daerah yang sangat terkenal dengan kegagahan gunungnya. Yap namanya kerinci, disini terdapat beberapa gunung yang menjulang tinggi diantara bukit barisan yang berjejer gagah disepanjang pulau Sumatera.
Salah satunya adalah gunung kerinci, gunung ini merupakan puncak gunung tertinggi di pulau sumatera dan berstatus sebagai salah satu gunung merapi yang paling berbahaya di dunia. Ah, masa sih. Ciyus?

Beneran deh, orang-orang bilang kalo gunung ini banyak menarik perhatian para pendaki gunung baik lokal maupun internasional. Karena gunung ini merupakan puncak tertinggi di sumatera, yang sudah pasti sangat menantang adrenaline setiap pendaki.  
Ya kapan lagi lo mau berdiri di atas puncaknya pulau sumatera, rasanya itu loh.. Kayak mimpi.
Salah satu pejabat yang pernah berhasil mencapai puncak andalas ini adalah Bapak Joko Widodo, gubernur DKI Jakarta pada tahun 1983.
Sumber DetikNews
Pengen ngerasain hujan salju? Lo nggak perlu ke eropa sob!
Selain ketinggian gunungnya, di kawasan gunung kerinci ini juga terkenal dengan cuacanya yang selalu dingin. Kalo lo kesini, lo musti gunain jaket tebel layaknya orang eropa. Soalnya disini cuacanya rata-rata 15-20 derajat celcius, kalo hujan biasanya berbentuk salju gitu. (Dibaca: Mirip Salju)


Gue udah pernah ngerasain hujan salju disini sob, rasanya sama aja dengan kena embun gitu. Gue yakin lo pasti semua belum pernah ngerasain hujan salju kayak gini...
Hai.., Aku udah bikin kamu pengen ke jambi belom nih?, Jawab aja "Iya, aku kepengen banget ke Jambi. Tapi,Jambi apaa sih?" (Gombal Gagal)



Di kaki gunung kerinci ini juga terdapat sebuah perkebunan teh kayu aro. Merupakan perkebunan teh pertama di indonesia dan terluas kedua di dunia, setelah perkebunan teh yang terdapat di pegunungan himalaya.
Gue udah pernah kesini, soalnya rumah nenek gue nggak jauh-jauh amat dari daerah ini ( Kayu Aro). Sedangkan untuk menuju kesini, hanya dibutuhin waktu 45 menit doang kok. Tapi yang paling nggak bisa gue lupain dari sini adalah hamparan kebun tehnya luas banget, puncak Bogor itu belom ada apa-apanya kalo dibandingkan kebun teh kayu aro ini.

Kalo ke Jambi khususnya ke wilayah kerinci ini, gue saranin ajak temen ataupun pacar biar lebih seru. Kalo sendirian sama aja bohong. Bisa sih, kalo mau foto harus pake Tongsis dulu (Tongkat Narsis) ituloh yang sejenis tripot.
Oh iya, di kerinci juga masyarakatnya ramah-ramah banget. Karena mereka masih memegang teguh adat istiadat setempat, masih tradisional banget deh pokoknya. Menurut Pipetmagz.com, mereka sangat terkenal sekali dengan tarian rangguk. Sebuah tari yang digunakan untuk penyambutan para tamu spesial gitu.


Suku Anak Dalam.
Pernah denger tentang Orang Rimba?
Yap, Suku anak dalam di Jambi atau yang sering disebut Orang Rimba ini hidupnya masih bergantung dengan alam. Sebagian besar dari mereka ini hidupnya di dalam hutan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), mereka sangat berpegang teguh dengan hukum rimba.

Mungkin hukum rimba hanya dianggap mitos belaka bagi sebagaian orang, tapi bagi mereka hukum rimba adalah hukum yang berlaku hingga saat ini. Sekarang, keberadaan Orang Rimba ini pun semakin terancam akibat banyaknya perambah hutan yang tidak bertanggung jawab.

Orang Rimba di pedalaman Jambi ini ternyata akan di Filmkan oleh sutradara ternama di Indonesia Riri Riza dan Mira Lesmana. Yang akan tayang di Bioskop pada tanggal 21 November 2013 nanti yang berjudul "SOKOLA RIMBA", sebuah cerita dari seorang guru untuk anak-anak Orang Rimba "Butet Manurung" yang diperankan oleh Prisia Nasution (Pia).
http://www.kapanlagi.com/showbiz/film/indonesia/sokola-rimba-dari-buku-ke-layar-lebar-fe4210.html
Nonton ya, biar kita semua semakin tau apa itu Orang Rimba... :)

Itulah sekilas tentang wilayah baratnya Jambi, sekarang gue mau langsung ke kotanya ajadeh.

Kota Jambi, kota kecil yang unik dan penuh cerita.
Kota ini emang kecil, tapi nggak sekecil yang lo banyangkan sob. Yang tergambar di peta indonesia, menurut gue itu salah banget. Banyak hal yang menarik untuk gue ceritain di kota kecil yang unik ini, kota yang menghidupkan gue selama ini dengan status sebagai anak kost. Orang bilang kehidupan kota itu kejam, menurut gue kota jambi masih tetap ramah dan masih layak untuk anak kost kok..

Pada akhir 2010 yang lalu, gue bertekad untuk hijrah seorang diri untuk melanjutkan pendidikan gue disalah satu Kampus Swasta di Kota Jambi. Salah satu kampus yang pada akhirnya gue sadari, kalo kampus itu merupakan kampus termahal di Jambi.
Ya nyesel sih, tapi apa boleh buat kalo sekarang gue udah semester akhir. Nikmatin aja dulu..

Pertama kali gue ngampus, gue merasa kalo gue adalah alien yang nyasar ke Jambi. Karena nggak ada satupun orang yang gue kenal disini, kecuali ibu-ibu kantin yang menurut gue bisa diajak kerja sama dalam urusan perut. Gue ini udik, tapi dari keudikan gue inilah gue bisa tau apa yang ingin gue tau tentang kota ini. Bersyukur selama di kota ini gue bisa punya temen baru dan mengenal banyak tempat di kota ini, salah satunya adalah tanggo rajo (Ancol).

Tanggo Rajo (Ancolnya Jambi)
Yang bikin lo pengen banget ke Jambi, itu adalah Tanggo Rajo. Ancol, begitulah orang-orang Jambi memanggilnya tempat ini. Salah satu tempat wisata pinggir sungai batanghari yang dari dulu sampe sekarang itu nggak pernah ada sepinya terutama saat matahari tenggelam. 

Yang menarik dari ancol ini sendiri adalah pemandangan seberang kotanya. Sebagai anak kost, gue serasa sedang dipantai. Padahal ini hanyalah pinggiran sungai, pemandangan semakin lengkap karena di seberang sungai ini juga terdapat menara jam yang bisa terlihat jelas ketinggiannya dari pusat kota.
Lagi dan lagi, sebagai anak kost gue berasa sedang berada di kota london.. (Khayalan anak kost)
Tanggo Rajo Jambi ( Sumber gambar : yukpegi.com)
Tapi sayangnya, tempat ini sering disalah gunakan oleh para oknum pasangan yang tidak berkepri jomblowan banget. Tempat ini keseringan digunain sebagai tempat pacaran favorite anak mudah kota Jambi, saking ramenya sampe-sampe kalo mau makan disini kita harus ngantre dulu sejak sore harinya.

Entah apa motivasi mereka yang suka banget pacaran disini, dan kenapa juga sebagai seorang jomblo gue juga ikutan nongkrong disini. Mungkin kalo ada orang pacaran yang berantem, bunuh dirinya jadi gampang ya? Tinggal nyebur aja ke sungai... Trus ngomong, “Keep Smile..”

Makalam
Ya, inilah yang dibilang dengan Jambi. Banyak tempat wisata dan kotanya ramah lingkungan banget, ramah dengan mantan juga....
Nggak jauh dari tanggo rajo (Ancolnya Jambi), ada satu tempat nonkrong yang hampir semua orang tau. Yap, namanya Jembatan Makalam, salah satu jembatan yang diubah fungsikan sebagai tempat wisata yang murah meriah dan rame banget. Saking ramenya jembatan ini, ada yang buka lapak jualan jarsey bola disini. Ada yang jual bakso, sate, mie pangsit, dll.

Mungkin nggak lama lagi di atas jembatan ini akan berdiri lagi rumah makan padang, biar wisatanya makin rame dan lengkap penderitaannya..
Soal ramenya ini nggak masalah bagi gue, masalahnya mereka berwisata diatas jembatan umum.  
Nah kalo jembatannya ambruk, siapa yang harus tanggung jawab? Yang jelas bukan gue dan yang jelas ini nggak ada lucu-lucunya.

Kota Baru
Di jakarta ada tugu Monumen Nasional, di Jambi ternyata juga ada. Bedanya, mungkin Monas Jakarta lebih tinggi kayaknya.
Disini adalah surganya minuman bandrek, karena disepanjang jalan dikomplek perkantoran kota jambi ini berjejer rapat usaha bandrek yang berkedok discotic on the street. Karena memang, setiap penjual bandrek disini memiliki peralatan musik sendiri.. Serasa tempat dugem banget, tapi dipinggir jalan alias trotoar..
Kalo lo mau ke suatu tempat lewat jalan ini, kemungkinan sampe tujuannya tahun depan. Apalagi yang bawa pacar, bisa jadi perginya bawa pacar dan pulang-pulangnya udah jomblo. Pacar lo digondol tukang bandrek sob!

Candi Muaro Jambi
Tempat liburan gue yang paling favorite di Jambi bukanlah Mall, tapi gue lebih memilih tempat liburan yang alami. Emangnya kalo liburan, lo kemana aja Ting?

Yap, gue paling suka berkunjung ke salah satu peninggalan situs kuno. Namanya Candi Muaro Jambi, komplek candi yang terluas di asia tenggara ini emang indah banget. Candi ini merupakan pusat pendidikan agama Budha terbesar di asia, setelah tibet. Hal itu terbukti dari ditemukan beberapa arca-arca, dan masih banyaknya bangunan candi yang belum dipugar, yang jumlahnya sampe 82 buah menapo (Gundukan tanah yang didalamnya berisikan struktur bangunan).
Dan ini adalah waktu kunjungan pak beye ke Jambi beberapa tahun yang lalu.
 Sumber Gambar Demokrat.or.id

Candi Gumpung (wikipedia)
Bahkan dari hasil dari pakar Arkeolog dari UI menyatakan, kalo komplek Candi Muaro Jambi ini merupakan Pusat Kerajaan Sriwijaya. Tempatnya yang strategis ini, juga membuat banyak wisatawan lokal dan manca negara yang datang.


Mitos
Adapun mitos yang berkembang dengan masyarakat, kalo lo liburan ke komplek percandian Muaro jambi ini sebaiknya jangan dengan pasangan. Katanya nih, kalo lo bawa pasangan biasanya lo akan putus dengan pasangan lo. Atau sebaliknya, kalo nggak putus berarti kalian akan tetap bersama sampe nikah. 
Serem?
Ya ini serem banget menurut gue, karena gue udah pernah merasakan kebenaran yang begituan.  Nggak lama setelah liburan berduaan dengan pacar gue disini, akhirnya kita putus tanpa sebab yang jelas. Uhhh...

Tapi jangan takut dulu, ini hanyalah sebuah mitos kok. Walaupun, menurut Ust Sholeh Pati (Mister Tukul Jalan-jalan Waktu Ke Jambi) candi ini memang memiliki sisi ghaibnya.
Sumber Youtube.com
Yap, inilah sedikit cerita yang menarik dari Jambi. Ada banyak hal seru yang nggak gue ceritain disini, kalo emang lo kepengen tau banget, lo bisa googling kok..

Gimana, lo udah punya rencana untuk liburan ke Jambi? 
Kalo elo pengen ke Jambi, gue siap kok menjadi tour guidenya, hehe.. 


"Postingan ini di ikut sertakan kedalam Lomba Blog www.pipetmagz.com

46 comments:

  1. tankd for ur info
    .semoga bermanfaat bagi kita smua yg mmbc ^_^

    ReplyDelete
  2. Jadi Kepengin liburan ke jambi,,sekaligus bawa pasangan ke komplek percandian Muaro ,sapa tau jodoh..hhe dan spa tau putus :(

    mampir balik ya gan...

    ReplyDelete
  3. Keren juga ya, temen gw di kampus jg banyak anak jambi. Minta cerita mereka langsung ah...

    Btw, sukses sm lombanya bro :)

    ReplyDelete
  4. HAHAHAHAH MAR TEMENIN GUE NAIK KERINCI , BERANI NGGAK ?

    ReplyDelete
  5. Keren.sob! Info yg bermanfaat sekali :) good article

    ReplyDelete
  6. gue lebih tertarik sama anak suku dalam.kayaknya seru ya,hidupnya menyatu dengan alam.

    sukses ya bang buat lombanya :3

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen ke jambi......hehehe....
    Thanks infonya ya Dan! :)

    ReplyDelete
  8. keren juga ya jambi :O
    kapan-kapan mesti ke jambi nih!

    ReplyDelete
  9. Gue jadi pengen ke jambi nih, pengen mendaki gunung kerinci, keren banget soalnya kayak di eropa-eropa gitu pemandangannya. Pengen juga ke candi-candi nya, soalnya di bandung ga ada candi, adanya curug. haha :D

    Sukses juga ya buat lombanya. Kalo menang, bagi-bagi hadiahnya kek. :D

    ReplyDelete
  10. aaak nice post! kalo ke Jambi pengennya ngerasain hujan salju sama ketemu Orang Rimba.. kayaknya asik :)

    ReplyDelete
  11. Culik aku ke Jambi!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  12. yuk ke Tanggo Rajo berdua :3

    ReplyDelete
  13. Anjir, gue jadi pengin ke Jambi abis baca ini. Pengin ngerasain hujan salju, ngerasain cuaca di perkebunan teh, macetnya kota Jambi, dan masih banyak! Hahaha :D

    ReplyDelete
  14. Makasih atas komentarnya kawan-kawan, Ayok semuanya ke Jambi he he... :)

    ReplyDelete
  15. Asiiiiik, ajak ke jambi dooooooong :3

    ReplyDelete
  16. Jambi itu provinsi paling kaya karna puya 4 Taman Nasional :D
    kece bang postingannya, jadi pengen pulang ke Kayu Aro, jaman kecil dulu pernah ngerasain hujan es disana :D

    ReplyDelete
  17. Asli, gunung krinci keren parah. Mesti coba nih. Satu lagi, pak Jokowi mantap. Hahaha.

    ReplyDelete
  18. Keren, sob! Jadi kepingin maen ke jambi. Kali aja ada jodoh hehe

    ReplyDelete
  19. temen kosan gue yang orang jambi nggak pernah cerita disana ada apa aja sih.. wah serius ada salju? uhuy nggak perlu sampai jaya wijaya kalau gitu :D

    ReplyDelete
  20. pernah ke jambi sih sekali, tapi gak terlalu inget karena pas masih kecil di bawa kesana buat ngadirin pesta ._.v muehehe,
    liat postingan ini jadi inget jambi lagi :D

    ReplyDelete
  21. wahh gunung kerinci? gue kemaren denger2 cerita soal kerinci dari si mamad. seruu juga. cuman gue belom pernah ke jambi. keluar jawa aja baru ke bali..

    ReplyDelete
  22. boleh nih jadi tempat tujuan selanjutnya. thanks infonya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh banget, ayok ke jambi...

      Delete
  23. Infonya bermanfaat XD bisa jadi referensi liburan yg bagus nih :D
    Pengen ke kerinci X3

    ReplyDelete
  24. Jambi punya kota baru yang gak kalah keren ternyata!

    ReplyDelete
  25. kayaknya keren deh ya jambi. liat foto2nya keren-keren deh. tapi emang dalem-dalemnya Indonesia itu keren sih. ga perlu keluar negri dulu. keliling Indonesia juga udah puas kayaknya. nice post dani. semoga bisa ke jambi. naek gunung kerinci. :))

    ReplyDelete
  26. Kayak pernah denger, dari Lubuklinggau deket nih kayaknya. :v
    btw, goodluck ya :)

    ReplyDelete
  27. Jujur, gue baru tau di Jambi ada semacam salju gitu. Gue kira yang ada saljunya cuma di papua aja. Ternyata, jambi juga. Thanks, infonya! nambah wawasan nih. Hehe.

    ReplyDelete
  28. wahh makasih gan, jadi paham sama Jambi walapun belom pernah kesana :D

    ReplyDelete
  29. wahhh tulisannya keren semakin bikin gue peangen ke jambi :D

    ReplyDelete
  30. tulisan nya keren. Bukti cinta sama daerah sendiri. Jadi pengen kesana, liat suku anak dalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta dong sama daerah sendiri, ayo kak kesini.. :D

      Delete
  31. panjang banget, Bang tulisannya puas banget ya bikin tambah pengentravelling keluar pulau aaaak -___-

    ReplyDelete
  32. Bisa bisa, kapan kapan bisa tuh ke Jambi aaakk penasaran sama candinyaaa sama kerinciiii aakk akkk akkkh *keluarin puppy eyes ke mama*

    ReplyDelete
  33. Seru juga kalo bisa ke Jambi dan numpang di rumahmu, Bang! :D

    ReplyDelete
  34. Mantep Nih... moga aja bisa ke jambi (gratis)

    ReplyDelete
  35. wah ongkosin dong om pengen kesana saya aaaak

    ReplyDelete
  36. Wah dari artikelnya kayaknya seru banget ya Jambi, Dani mau ngongkosin aku kesana? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget mega, ongkosin boleh deh tapi pulangnya tahun depan yak.. :P

      Delete
  37. Wiih seru banget kayaknya, kak. Jadi pengen punya pintu kemana saja....... :3

    ReplyDelete
  38. baru tau ternyata di Jambi ada hujan mirip salju gitu, jadi pengen ke Jambi.... tapi gak ada ongkos :v

    ReplyDelete
  39. wah,,setekah baca tulisannya jadi pengen ke jambi nih..mudah2an dananya ada dan punya waktu buat kesana...aamiin

    ReplyDelete
  40. jambi memang keren, salam dari sarolangun

    ReplyDelete
  41. Mau liburan atau coba travelling ke Bangka Belitung.

    http://aderiorental.com

    ReplyDelete
  42. Cerita nya bagus..
    Salam kenal aja..
    Https://terangbulanweb.blogspot.com

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)