// // 28 comments

Antre di SPBU, karena butuh atau iseng?

Antrean di SPBU, sumber Tempo.co

Akhir-akhir ini kita selalu disugukan berita tentang panjangnya antrean di SPBU, dikarenakan langkanya bahan bakar minyak. Semua ini terjadi, sejak pemerintah pusat menguragi kouta BBM bersubsidi disejumlah daerah.

Jika dipantau berita-berita di tv, panjangnya antrean memang melebihi seperti biasanya. Pertanyaannya, kenapa mereka mengantre?
Ada 2 tipe orang yang sedang mengantre di SPBU.
1. Orang yang antre karena benar-benar butuh

Yang pertama adalah orang yang benar-benar butuh BBM, untuk menjalankan pekerjaannya. Mungkin seperti supir, tukang ojek atau alat penunjang kerja lainnya.

Nah, orang-orang yang butuh ini juga ada beberapa sub tipe:
# Santai
Yang santai ini biasanya anteng, kalo ngantre masih pake senyum walaupun antreannya panjang banget sampe ke planet pluto.

#Serius
Nah, tipe orang yang serius ini agak beda dikit. Biasanya selalu sigap kalo antre, dia selalu siap mempertahankan barisan antreannya dengan upaya apapun. Termasuk mempertaruhkan nyawanya, yap kira-kira begitu.
#Emosian 
Siapa sih yang emosi kalo ngantre panjang-panjang, panas-panasan tapi BBM keburu habis duluan.
Biasanya orang-orang kayak gini berasal dari kaum ibu-ibu rumah tangga, pengennya mendahului antrean aja. Trus kalo ada orang yang nyenggol motornya dikit aja, matanya kemana-mana sambil nyariin siapa yang nyenggol tadi dengan mata melotot. Nggak cukup dengan melotot, tapi si ibu-ibu ini juga sambil ngomel-ngomel nggak jelas..
Atau ada juga yang butuh, tapi dia menyerobot antrean dengan alasan yang nggak jelas. Biasanya sih ini ulah oknum yang nggak bertanggung jawab dan merasakan dirinya yang paling kuat.

2. Orang yang antre karena iseng
Biasanya nih ya, nggak semua orang yang ngatre di SPBU itu ternyata orang yang (sangat) membutuhkan BBM. Siapa aja sih orang-orang yang suka iseng dan ikut antre di SPBU ini?
 
#Oknum penimbun BBM
Orang yang pertama memanfaatkan langkanya BBM itu adalah penimbun, sebenarnya dia nggak butuh BBM, tapi karena dia melihat adanya peluang bisnis di sini maka dia juga ikutan antre dan BBMnya nanti malah dijual lagi secara eceran dan harga 2 kali lipat dari harga biasanya..

#Pengguna Kendaraan Pribadi
Kenapa kendaraan pribadi selalu dipermasalahkan?
Yap, kendaraan pribadi itu nggak bermanfaat banget untuk orang banyak. Justru bikin nambah macet dan nambah polusi, iya kayak gue banget.
Tapi kalo rumah jauh atau rumah nggak ada akses akutan umumnya, ya gapapalah. Yang jadi masalahnya, mobil mewah tapi masih aja pake bensin subsidi, bukannya malah pake pertamax.

#Penjual Bakso
Sebenarnya abang-abang penjual bakso ini ngatre bukan mau beli BBM, tapi dia hanya memanfaatkan kesempatan.

Contoh kronologis :
Lagi di jalan ABC..
Abang penjual bakso lewat, trus si abang ini ngelihat ada antrean panjang di depan SPBU. Panjangnya antrean, kira-kira dari gunung sampe ke perkampungan itu 300 KM,
“Eh 30 KM, eh ma’af 300 meter katanya.. Ma’af, manusia juga punya salah to. Bapak kacau, saya lebih kacau”. ( terinspirasi novela)
Ketika itu, muncullah pikiran wirausaha si Abang penjual bakso ini. Dia berpikir, kalo aja dia menjual bakso di tengah antrean ini, pasti akan laku keras. Soalnya banyak orang yang ngatre di sini, sudah pasti ada yang lapar dan butuh makan karena kelamaan ngatre.

 #Kaum Alay
Ada juga loh, yang ikut ngatre di SPBU itu adalah para kaum-kaum alay. Yang hidupnya nggak punya arah dan tujuan, semoga mereka cepat-cepat insyaf.
Kaum alay ini adalah kaum yang nggak bisa diprediksi, apa yang dia lakukan. Kalo kita lagi nganre, tau-tau ada aja alay yang ikutan antre juga. Entah dia ada di samping, dibelakang kita atau pun di depan.
Ciri-ciri alay itu jelas banget, biasanya selalu foto-foto sambil ngantre. Padahal sampe rumah nanti, fotonya juga dihapus. Tau apa?
Yang gilanya lagi, kaum alay ini udah lama-lama ngantre dan ternyata Cuma ngisi bensin 1 liter doang. Sambil cengar-cengir lagi..

Dasar, alien dari planet namex!! Apapun itu bentuk antreannya, tetaplah pada posisi kamu dan barisan kamu. Jangan mencoba untuk mendahului orang di depan kamu, dan tetap budayakan. Bawa hepi, selalu senyum dan tetap protes kebijakan pemerintah ya.. haha

28 comments:

  1. antrian macam ular, di Palembang juga antriannya panjang tiap hari -_-

    ReplyDelete
  2. gue beli sachetan men di indomart

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada yang jual kalengan atau botolan, gue pasti juga beli bro haha...

      Delete
  3. Duh,aku jg jadi korban antri,rsanya lega banget ketika sudah masuk area SPBU [tadinya berada dibarisan ratusan meter ] fiuhh

    ReplyDelete
  4. di jogja juga ikut merasakan antrian BBM...

    ReplyDelete
  5. Buset banyak bener. Untung di tempat gue nggak langka, huehehe..

    ReplyDelete
  6. Gue belum pernah antri BBM selama ada kabar BBM naik. Jarang keluar. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga jarang ikutan antre gitu, soalnya gue pake BBM yang di Android. -_-"

      Delete
  7. Anonymous30/8/14 14:19

    untng bnget didaerah ane yg namanya antri bbm paling panjang 10 meteran paling gan.

    ReplyDelete
  8. gua suka cara nulis lo bang wkwk, salam ye dari 3 2 1 .. tut tut tut

    ReplyDelete
  9. Huffttt Kelangkaan BBM itu menyengsarakan umat manusia.. udah jarang dibales, ditambah langka yang ngeBBM

    ReplyDelete
  10. Wahaha, yang gokil itu si abang tukang baso... Gokil pemikiran abangnya, tau aja kalau yang antre laper, dan bisa jadi yang petugas pengisi BBM juga bakal beli basonya. Kan lumayan :D

    Kalau buat gua mah ya nggak terlalu ribet, soalnya kostan dengan SPBU jaraknya cuman 100 Meter. Tapi, kalau nggak kebagian susah juga. Apalagi di Bandung gua nggak nemu ada Bensin eceran tuh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma 100 meter dari SPBU?
      Wah keren tuh, jangan-jangan elo lagi yang masuk berita karena nimbun BBM kemarin di TV :D

      Delete
  11. :V

    azizkerenbanget.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. Yaampun.......

    Kubelumpunya kendaraan pribadi.. jadi kubukan tipe orang yang ngantre di spbu wakakkaa

    ReplyDelete
  13. ngantri bbm buat ngeliat cewek cakep ngantri bang! hehe

    ReplyDelete
  14. Di tempatku, yang ngantri BBM kebanyakan ibu-ibu tuh..
    Aku nggak tertarik.

    ReplyDelete
  15. Yang #Kaum Alay masih mending mau ngisi bang, aku pernah liat mereka datang dan ngantri cuma buat selfie sama abang-abang SPBUnya :((

    ReplyDelete
  16. ada juga yg antre BBM karena petugas SPBU nya cakep....
    Modus tp ikhlas....
    :)

    ReplyDelete
  17. Di kategori karena butuh gue masuk di tipe yang serius wkwk. Di kategori iseng gue masuk di kendaraan pribadi. Yailah.

    ReplyDelete
  18. Kunjungin blog aku juga dong kakak, hehe..

    Ini link blognya kaka: http://fadillahabdi.blogspot.com/

    Thanks ya~~~

    ReplyDelete
  19. Widih, antri ngisi bbm ngalah2in antri pembagian sembako.

    ReplyDelete
  20. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    ReplyDelete
  21. ada juga yang antri karena dompet dipegang dia... wkwkkw yang bawa motor kagak punya duit jadi ajak emaknya suruh bayarin bensin....

    ====================================================

    Pecinta Bola Gabung di Sini

    ReplyDelete
  22. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    ReplyDelete
  23. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    ReplyDelete
  24. antriannya panjang banget udah kaya ular ajah :D

    https://goo.gl/wsMQ1h

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)