// // 7 comments

Kebiasaan sebelum sahur yang harus dihilangkan

Sumber www.healthtechzone.com
Puasa itu ibadah, dan ibadah itu haruslah dikerjakan secara“khusyu'”. Gimana mau khusu' kalo setiap hari ngeluh laper, gimana nggak laper kalo puasanya aja lupa santap sahur. Nah...., inilah masalahnya.

Setiap berpuasa, kita memang diharuskan untuk makan sahur terlebih dahulu. Agar tubuh kita kuat menjalankan ibadah puasanya, dan tetap semangat dari pagi hingga waktunya berbuka puasa. Dengan begitu, maka kita bisa terbebaskan dari yang namanya sakit maag, asam lambung dan hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Sebenarnya sih kita udah niat kalo mau makan sahur, tapi karena kebiasaan jelek maka pada akhirnya gagal sahur. Apa sajakah kebiasaan jelek tersebut?

1. Bangun lagi tidur lagi
"Bangun lagi, tidur lagi.. Bangun lagi tidur lagi, banguuuun, tidur lagi"
Masih ingat dengan lagu mbah surip yang liriknya begitu? Tentu ingat dong..

Jujur, gue juga pernah mengalami hal yang demikian. Penyebabnya nggak lain adalah kekurangan tidur, karena keasyikan begadang. Khusus buat kaum jomblo nih, sebaiknya jangan menghabiskan malam hanya untuk stalking twitternya gebetan atau mantan. Ngenes ya?
Pada akhirnya, alarm yang digunakan untuk bangunin makan sahur pun nggak direspon lagi. Sebenarnya sih sadar kalo ada suara alarm, tapi alarmnya di matiin, terus matanya merem lagi dan lanjutin tidur sampe pagi.

Orang-orang yang kayak gini, biasanya pagi-pagi langsung bilang “Ya ampun gue lupa sahur..”. Helloww, siapa suruh tidur sewaktu sahur?

2. Menunda-nunda makan sahur, karena waktu imsyak masih lama
Entah kenapa, makan sahur beberapa menit sebelum waktu imsyak itu menjadi waktu favorite untuk semua orang. Ya kalo makanannya udah siap untuk disantap sih nggak masalah, tapi ini kayak anak kost misalkan... Yang belum masak, belum siapin makanan tapi masih nyantai aja di depan tipi nonton acara joget-joget sampe lupa sama waktu.

Tau nggak sih kalian, sahur beberapa menit sebelum imsyak itu emang enak rasanya. Kayak ngerjain tugas kuliah yang udah dikejar deadline. Terkadang bisa selesai tepat waktu, terkadang nggak tepat waktu dan malahan terkadang tugasnya nggak jadi dikumpul karena belum siap.
Sama dengan menunda santap sahurnya, pada akhirnya berakibat gagal puasa.

3. Keasyikan main SocMed
Apapun yang akan kita lakukan, semuanya mendadak berubah ketika setan socmed tiba-tiba merasuki pikiran.
Yap, siapa sih yang nggak suka main social media. Anggap aja twitter, biasanya twitter itu semakin malam semakin rame aja tuh timeline. Ada yang ngomongin soal capres, ngegosip tetangga sebelah, berpuisi, ngegombal dan yang lainnya. Semuanya bikin kita betah berlama-lama di timeline, seakan-akan twitter adalah dunia kedua setelah Bumi.

Sebelum sahur, sebaiknya jangan terlalu serius dengan twitter deh. Karena nantinya akan berakibat fatal, contohnya : Lupa sama waktu, telat makan sahur, nafsu makan mendadak hilang setelah stalking timeline mantan dan masih banyak alasan lainnya.

5. Terlalu lama di kamar mandi
Mungkin ini kedengarannya nggak nyambung, apasih hubungannya sahur dengan kamar mandi. Menurut gue, justru kamar mandilah yang meyebabkan banyak orang lupa dengan waktu sahur. Kenapa?
Kebanyakan orang itu lupa dengan waktu kalo lagi (ma'af) boker, apalagi cuacanya dingin dan matanya masih menyimpan rasa ngantuk yang teramat sangat. Gue yakin kalian udah tau jawabannya, Yap, tidur di kamar mandi.
Saran gue sih, sebaiknya cuci muka dulu biar seger pikiran dan matanya. Oke, gue akuin yang terakhir ini agak nggak nyambung emang. haha

Demikianlah kebiasaan-kebiasaan yang seharusnya dihilangkan sebelum sahur, semoga bermanfaat.

Semuanya akan sia-sia, kalo nggak ada niat.

Selamat berpuasa, semoga puasanya lebih baik lagi.. :)



7 comments:

  1. wah bener banget sob , yang no 2 tuh ane banget :D

    ReplyDelete
  2. Kebiasaan sebelum sahur banget itu

    ReplyDelete
  3. Benar banget. tapi kasusku bukan karena keasyikan ngetwit, hehe. Kecapaian sebagai ibu RT. Paling juga harus punya kebiasaan bangun dini hari untuk tahajud. Cuma kalau terlalu letih bisa amburadul rencananya. Padahal ada persiapan sahur yang harus kulakukan plus bangunin suami yang masih asyik di alam mimpi. Hehe
    Salam kenal. Ini kunjungan pertamaku di sini.

    ReplyDelete
  4. Hahaha yang nomor dua temen gue banget! kalo gue bangunin dia masih ngulet2 dulu, terus makannya pas injury time, biar masih ada banyak makanan di perut pas imsak. :))

    ReplyDelete
  5. yang nomer 2 kak sering banget ngelakuinnya :D

    ReplyDelete
  6. nomor 2 gue banget nih._. haha

    ReplyDelete
  7. WOE BANG. Nomor 4 nya mana nih! Duh duh! Nggak sahur ya tadi?

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)