// // 8 comments

5 Hal yang sering dilakukan ketika berpuasa.


Yap, bulan suci ramadhan yang kita tungg-tunggu selama ini ternyata sudah didepan mata. Segala sesuatunya sudah dipersiapkan, terutama ibu-ibu rumah tangga yang sibuk ngurusin masakan apa yang akan dimasak nanti untuk makan sahur dan berbuka puasa.

Mungkin nggak hanya ibu-ibu aja, toh kita juga sudah bersiap menyambutnya dengan segala persiapan. Semisal mempersiapkan fisik, mental maupun dari hatinya. Karena menurut gue, ada beberapa hal yang paling sering dilakukan ketika kita berpuasa.

1. Perhatiin Jam
Sadar nggak sih, ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, kita itu emang lebih sering melihat jam. Kenapa nggak lihatin yang lain aja, lihatin jendela kek, lihatin pintu kek atau yang lainnya.
Jawabannya sederhana, kita melihat jam itu karena kita ingin tahu berapa jam lagi waktu berbuka puasa alias bedug dan adzan maghrib.

2. Tidur
Berpuasa memang menguras tenaga, karena pagi-pagi kita udah bangun untuk mempersiapkan makan sahur, meskipun dalam keadaan ngantuk berat. Ya namanya juga berpuasa, kalo nggak sahur bisa-bisa buka puasanya jam 12 siang nih. Hehe

3. Ngeluh lapar
Pernah nggak sih, ketemu temen yang ngeluh laper ketika puasa? Pastinya pernah dong, soalnya itu adalah hal yang biasa kita temui. Siapa sih yang nggak laper ketika nggak makan, nggak minum selama seharian.. Limbad yang kuat aja masih butuh makan kok, hehe

4. Main game
Berpuasa terkadang bikin pikiran kita semakin kacau, apalagi perut udah keroncongan dan nggak ada temen yang mau diajak ngobrol. Kondisi seperti inilah yang membuat kita timbul niat untuk menghibur diri sendiri dengan bermain game, kalo cowok sih biasanya main playstation. Karena dengan main ps, biasanya waktu yang terasa lama itu jadinya lebih singkat karena game.

Main game sih boleh, asalkan jangan mainin hati aja ya..

5. Ngabuburit
Pada awalnya istilah ini hanya digunakan untuk masyarakat sunda, ngabuburit yang berarti jalan-jalan sore sambil nunggu waktu berbuka puasa (bedug adzan maghrib). Yap, siapa sih yang nggak suka jalan-jalan sore. Tapi jalan-jalan sore juga bikin puasa kita terganggu, terlebih lagi ada yang jalan-jalan sore dengan pacar dan pelukan lengket banget. Seolah nggak berdosa, mereka melempar senyum dengan yang jalan-jalan sore lainnya. Lah gue? Sakitnya itu disini.. *Nunjuk dada kiri

Sebenarnya gue mau nulis 10 sih, tapi kayaknya 5 hal ini ajadeh yang paling sering dilakukan dan yang paling sering gue alami ketika berpuasa.

Puasa itu nggak hanya menahan lapar dan dahaga, tapi juga mengajarkan kita bagaimana cara merasakan orang-orang yang kurang beruntung dan melatih kita untuk mengontrol emosi agar lebih baik lagi. Puasa juga mengajarkan kita hidup dalam kesederhanaan dan kebersamaan, dengan begini kita akan tetap tersenyum dengan sesama.

Saran gue sih, jangan sering-sering begadang ya, biar fisik kita tetap terjaga walaupun harus tidur larut malam dan harus bangun pagi untuk sahur.
Selamat menyambut bulan puasa ya, mohon ma’af jika terdapat kesalahan.. 

8 comments:

  1. kalo ane yang ke 4 ion :D , sambil nunggu buka :0

    ReplyDelete
  2. Tuh kalimat diatas perlu di ganti bang. "Yap, bulan suci ramadhan yang kita tungg-tunggu selama ini ternyata sudah didepan mata." Bulan ramadhannya udah masuk, dan udah jalan 3 hari.

    ReplyDelete
  3. ngomong-ngomong merhatiin jam, kalo makin deket maghrib perasaan makin lama aja itu jam muter :D hahaa

    ReplyDelete
  4. Merhatiin jam dan ngeluh lapar mah kayak anak kecil yang imatnya gakuat aja, ish. :p Tidur dan mantengin laptop ajalah, its better. Huahaha/

    ReplyDelete
  5. Kalo puasa tuh paling ga bisa jauh-jauh dari keran :v ><

    ReplyDelete
  6. Tidur sama ngabuburit noh yang sering gue lakuin. Ngabuburitnya dari pagi-pagi malah biar cepet burit dan cepet buka :3

    Salam, ThrwBlog

    ReplyDelete
  7. Nungguin maghrib sambil minum es kelapa itu paling nikmat hehe

    ReplyDelete
  8. tidur dan main game paling sering B-)

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)