// // 28 comments

Cara Mudah Mengerjakan Skripsi

Skripsi, apasih yang terlintas di pikiran elo saat mendengar kata-kata skripsi. Apa yang elo rasakan? Gemeteran? Pusing? Mual-mual? Pengen Bunuh Diri? Bahagia? Yup, itulah rasa-rasa yang dirasakan oleh orang-orang yang sedang mengerjakan skripsi.
Kalo ngerjain skripsi, udah nggak aneh kalo tiba-tiba satu-persatu rambut elo memutuskan dirinya untuk pensiun di usia dini. Anggap aja itu adalah sesuatu hal yang lumrah, atau anggap aja itu emang proses alam.

Banyak yang setuju, bahwa skripsi itu seperti kumpulan-kumpulan cerita serem dan terlalu serem untuk diceritakan di sini. Kesereman itu ditandai mulainya menemukan rambut-rambut kita yang mulai rontok, tanpa sebab yang jelas. Jidat yang mulai menunjukkan garis-garisnya, sempe mata yang sakit karena kelamaan di depan laptop.
Disaat itulah akan muncul pikiran mau bakar kostan, bakar kampus, makan beling, bunuh diri di bawah pohon cabe atau jual diri sama om-om dengan discount 50%. Oke, yang terakhir kayaknya gue salah..

Entahlah, mungkin skripsi itu emang mirip dengan sebuah perasaan. Kalo nggak serius maka kita nggak akan bisa menikmati manisnya hasil perjuangan elo. Apaan sih gue?

Apa ajasih cara-cara mudah dalam mengerjakan skripsi?
1. Harus Punya Niat Mau Lulus.
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pengerjaan skripsi, itu adalah niat. Karena sepintar apapun elo atau setinggi apapun IPK elo, tetap akan percuma kalo elo ngerjain skripsinya gak pake niat di dalam hati. Jadi misalkan elo udah gak niat mau lulus tahun ini, ya mending jangan repot-repot bikin skripsi dulu deh. Tahun depan aja, atau 3 tahun kemudian.

2. Inget, Sekarang Semester Berapa.
Ngerjain skripsi itu gak cukup dengan niat doang, tapi kita juga harus punya memori yang cukup baik untuk memikirkan tentang skripsi. Banyak loh orang yang pengen banget ngerjain skripsi, tapi kepengennya dia itu muncul di waktu masih semester 4 dan bukan semester akhir. Waktu semester akhir, udah gak niat lagi..

3. Jangan Lupa Makan.
Nah ini yang paling sering dilupain sama mahasiswa semester akhir, yaitu makan. Ya gak masalah sih kalo elonya adalah jenis herbivora atau omnivora, setidaknya elo juga harus sadar kalo energi tubuh kita itu gak akan bertahan lama.
Apalagi kalo perut udah kosong, biasanya pikiran kita mulai gak fokus. Bahayanya lagi, ketika gak fokus itulah akan timbul hal-hal yang gak diinginkan dengan alasan gak fokus ataupun gak sengaja.
Misalkan gak sengaja bawa motor nabrak dosen, atau gak sengaja megang pantat cewek dengan alasan gak fokus.. Hati-hati, lupa makan maka hidup lo akan gatal fatal.

4. Harus Punya Pena Sendiri.
Ajaib banget, kalo udah skripsi tapi pena masih sering pinjem saama temen. Apa gunanya elo kuliah bertahun-tahun naik motor keren dan gadget canggih, tapi elonya gak punya pena sendiri. Gak masalah sih kalo minjemnya sekali doang, nah ini setiap mau belajar/kuliah penanya musti minjem dulu.

5. Berdo'a dan Minta Bantuan.
Apapun usaha kita, pastikan kita akan berdo'a duhulu sebelum mengerjakannya. Kita yang berusaha dan tuhan yang memberikan jalannya, mintalah bantuan orang-orang terdekat walaupun hanya sekedar memberikan saran. Setidaknya itu sudah cukup untuk meringankan beban kita disaat mengerjakan skripsi, percayalah teman adalah orang yang pertama kali tau apa yang sedang kita lalukan dan yang kita rasakan.

Sekianlah cara mudah mengerjakan skripsi bagi gue, mungkin cara ini sangat tidak mudah untuk dipahami, apalagi diterima dengan akal sehat. Maklumin aja, ini cuma hiburan kok, jangan diseriusin. :)

Yap, mudah-mudahan kalian yang udah semester akhir dapat dipermudahkan skripsinya hingga lulus sidang. Mohon do'anya juga, karena gue beberapa hari lagi juga mau menghadapi kejamnya sidang skripsi, dan semoga aja dengan hasil yang terbaik dan lulus. Amin..


28 comments:

  1. Kalo di jurusan gue kebetulan bisa milih. Ada skripsi sama Tugas Akhir (TA). Dan dua-duanya sama repotnya. Yah, yang paling utama sih menurut gue Niat sama Modal materi. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti yang namanya semester akhir, itu pasti merepotkan :D

      Delete
  2. Replies
    1. Dek, semuanya penting loh.. Apalagi soal perasaan.

      Delete
  3. tahun depan saya skripsi... horeee :D

    ReplyDelete
  4. wah saya juga lagi berjuang ngerjain skripsi nih -_- kata dosen saya, ngerjain skripsi itu musuhnya cuman 1, diri kita sendiri. jadi harus bisa ngelawan diri sendiri kalo mau lulus. hehehe
    jangan lupa mampir ke blog saya juga mas :D http://lookanotherside.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Gak tau deh pas jaman gue skripsi besok gimana -_-

    ReplyDelete
  6. terima kasih mas, bulan depan saya nyusun, doain yak biar lulus dan cepat selesai bro

    ReplyDelete
  7. Bentar lagi gue jg menatap masa-masa skripsi nih...
    sukses buat lo, ting

    ReplyDelete
  8. hubungan punya pena sendiri sama ngerjain skripsi apa ya mas kertinggg ?
    bukannya skripsi itu diketik, bukan ditulis ? :)

    ReplyDelete
  9. gue lagi ngalamin masa galau skripsi, dan satu hal yang perlu diinget biar gampang ngerjain skripsi : pasang wajah dosen pembimbing di meja belajar biar slalu ada yang ngingetin :D

    ReplyDelete
  10. KOOOOOOOOOOOOK PAS BANGET SIHHHHHHH hehe *baladaanakmahasiswasemesterakhirinsyaAllah* mohon doanya ya biar bisa rampung skripsinya semester ini :"| mohon doanya banget banget banget.

    pokoknya tulisannya keren deh. soalnya pas banget sama sikon diri ini *tsah*

    mohon doanya banget yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa




    salam bhara anak kuliahan tingkat akhir :"3

    ReplyDelete
  11. cara mudahnya, ya gak usah dikerjain. jadi mahasiswa abadi aja. hahha. penunggu kampus. untung gua masih lama skripsi. siapin mental dululah

    ReplyDelete
  12. Postingan ini bikin aku takut bang.
    Super sekali :/

    Gak siap menghadapi skripsi kalo usaha sebegitu nya.
    Apalagi yang musti punya pena. Itu poin terberat banget bang.
    Suer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah, kalo gak siap skripsi.. Siap-siap nikah aja dulu sama si kadut, eh.. Keceplosan. :p

      Delete
  13. Sayang hampir semua nggak berlaku buat gue yang TKA (tugas karya akhir)-nya berkelompok :)

    ReplyDelete
  14. Untungnya sih belum skripsian, masih lama lagi.... :D

    ReplyDelete
  15. Asikkk udah sidang materi aja. Abis ini kemana bang? Sukses yaaa! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis ini gak kemana-mana, ke hatimu boleh? *kemudian hening*
      Sukses juga ya kamu.. :)

      Delete
  16. Niat memang modal utama ya supaya skripsi bisa selesai hehe :D

    ReplyDelete
  17. Mulai ngumpulin tips2 nya dulu aja deh XD

    ReplyDelete
  18. Gue masih cukup lama buat skripsi, baru juga masuk hehe
    Sukses buat sidang skripsi lo ting :)

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. cie yang mau sidang :p Best of luck for you. kalau lulus kira2 mau nazar nge-rebonding atau dibotakin ga? haha

    ReplyDelete
  21. Kalo lulus, mau dibotakin... Mohon do'anya ya en.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih! abis itu foto dan taroh sini!
      Uh, jadi inget kalo gue juga harus nyelesain penelitian :|

      Delete
    2. udah gini aja bang. kalo kamu botak nanti jadi presenter masih dunia lain :D

      Delete
  22. mau praktikkan jurus terakhir ahhh...berdoa mulai.................selesai.

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)