// // 19 comments

UN (Uji Nyali) 2013

Kemaren gue nonton berita, di suatu daerah ada Kepala Dinas Pendidikannya meminta kepolisian ikut serta mengawal ketat UN 2013.

Sebagai mantan anak Sma yang paling unyu seindonesia, gue juga pernah merasakan detik-detik kejamnya ujian nasional dinegeri ini. Akibatnya banyak gejala-gejala aneh yang mulai timbul dikehidupan gue, salah satunya gue sering lupa pake celana waktu kekampus.

Sambil ngupil, gue juga pernah mikir. Sebenarnya polisi itu mau ngawal siswa yang lagi ujian atau mau ngawal koruptor yang lagi boker sih, kok sampe begitu ketatnya. Lagian kalo emang ada koruptor boker, nanti mereka juga bakalan cebok sendiri kok. Nggak butuh pengawal buat bantu cebokkannya.

Gue nggak ngerti dengan sistem pendidikan negeri ini, yang semakin hari semakin absurd. Apasih salahnya para siswa, hanya untuk mendapatkan ijazah kelulusan doang itu harus diberlakukan tindakan ujian sekejam ini. Apalah artinya lulus ujian, kalo sebulan kemudian dijemput petugas dan mendekam di rumah sakit jiwa.

Lebih ngenesnya lagi kayak gue, seminggu setelah lulus UN gue mulai aneh, gue suka makan beling, ember, baskom dan hampir semua peralatan dapur lainnya gue makan. Kecuali sikat WC, soalnya sikat WC gue nggak SNI. Apa hubungannya? Oke lupakan...

Apakah pak menteri pendidikan, waktu dulu ujian nasional kondisinya sesulit dan sekejam seperti sekarang juga pak? Shit!
Buka mata anda pak menteri, sekarang soalnya 20 Paket pak + Polisi dan yang lebih penting nggak pake kuah pak!

Jangan munafik deh, gue nggak percaya kalo ada yang lulus UN 100% karena kemampuan otaknya sendiri. Kalopun ada kemungkinan besar dia adalah manusia setengah dewa atau manusia ajaib deh. Mungkin saking ajaibnya tuh orang, sampe-sampe upil dia bisa dijadiin obat sakit perut dan ambeyen..
Jadi gue nggak perlu repot-repot kedokter deh kalo sakit perut, cuil aja dikit upil tuh orang..

Oke, gue mulai emosi nih. Rasanya sekarang gue pengen unjukrasa dengan mencoret-coret tuh gedung DPR, dengan tulisan "Kami siswa, kami bukan koruptor yang harus dikawal ketat".
Koruptor aja nggak seketat itu pengawalannya...
Sambil ngibarin bendera merah putih diatas gedung DPR, gue terus teriak sekencang-kencangnya ala Iwan Fals "Bongkarrrr!!"
Jujur, waktu gue UN dulu tahun 2009 cuma ada 2 paket doang. Itu aja rasanya kayak dunia udah mau kiamat. Karena hampir seluruh waktu gue itu habis hanya untuk belajar doang, belajar dan belajar lagi, boker juga sih tapi itu cuma bentar kok ....

Yang dulunya, gue pulang sekolah bisa tidur sepuasnya dan main PS sampe maghrib. Sekarang gue harus ikutan bimbel setiap hari, pulang-pulangnya pantat gue udah ambeyen gara-gara pantat gue kelamaan diremes ama kursi jahannam dikelas bimbel gue itu. Maklum, gue rela melakukan ini semua karena minggu depan UN...

Gue yang dulunya punya pacar, sekarang gue mendadak jomblo. Pacar gue ngajakin gue putus, alasannya bullshit banget..."Aku pengen fokus UN dulu, jangan ganggu aku lagi ya, Please".. Kampret banget!

Sekarang gue percaya, kalo cinta itu nggak bisa melewati semua rintangan. Buktinya cuma karena UN doang, pacar gue udah minta putus dari gue. Gimana nanti kalo ada Olga Syaputra yang lagi telajang dada, terus ngomong kearah kamera "Perkosa gue dong.."
Oke, mungkin kali ini gue yang duluan minta putus dari pacar gue. Apasih!!

Oke sekarang serius lagi.
Semakin mendekati UN, otak gue semakin gila seiring maraknya iklan-iklan yang berbau UN bermunculan kayak setan di TV. Salah satu contoh iklan yang bikin gue muntah berak saat nonton TV adalah iklan Pensil 2B, yang inti iklannya kayak gini broh.."Kalo gue pake pensil itu sewaktu UN, maka ujian gue akan lancar dan gue pasti lulus dengan nilai tertinggi di kelas gue".
Bentar, nih pensil buatan jepang atau china?
SNI nggak tuh pensilnya?
Mereknya apaan? Yamaha Atau Pepsodent?
Oke...Gue yang goblok, mau aja ditipu iklan pensil doang.

Ada juga iklan yang paling absurd menurut gue, iklan Sirup Obat Pintar khusus untuk UN. Yang intinya iklan itu..."Kalo gue minum tuh sirup, maka gue akan pinter cuma dalam waktu 5 Hari setelah minum obat itu..."
Berarti gue nggak perlu lagi belajar sampe pantat gue ambeyen dong, karena setiap hari harus belajar.
Obat pinter macam apa ini!
Kalo emang tuh sirup obat pintar ada di dunia ini, gue jamin orang yang paling genius seperti Stave Jobs. Penemu Apple, itu bakalan bangkit lagi dari kuburannya dan ngomong kearah kamera... "Percuma dulu gue kuliah lama sampe di DO, mending gue minum sirup itu aja biar bisa pinter cuma dalam 5 Hari doang...."

Gue adalah seorang mahasiswa dan pastinya gue juga pernah merasakan pahitnya hidup menjadi seorang siswa seperti mereka. Semua siswa pasti tau, UN adalah Uji Nyali banget. Banyak siswa yang stres cuma karena kalah nyali sebelum menghadapi UN ini, tapi ada juga diantara mereka yang mendadak tobat karena UN itu sendiri, siapa dia? Dia adalah gue..

Gue yang dulunya nggak pernah sama sekali sholat jum'at.. Tapi karena beberapa minggu lagi gue UN, maka gue sholat jum'at broh Meskipun tujuannya pulang bawa sendal baru...
Gue sholat jum'atnya sampe 3 kali dalam seminggu, rajinkan gue broh...?

Gue yang dulunya nggak pernah minta ma'af sama orang lain, sekarang gue rajin-rajin broadcase pesan minta ma'af ama temen dan keluarga gue... 
"Assalammu'alaikum, Gue Umar Dani 18 Tahun, kelas XII Ips 1. makhluk yang paling unyu seindonesia... Mohon ma'af atas semua kesalahan gue selama ini. Karena minggu depan gue harus melewati ujian nasional, mohon dima'afkan ya teman-teman.
Mohon do'a restunya juga ya, Makassseeehh....."  
Kira-kira isi pesan gue gitu deh.

Itu dulu broh, sekarang gue udah nggak gitu lagi kok. Sholat jum'at gue udah nggak 3 kali lagi dalam seminggu, sholat jum'at gue cukup sekali doang selama seminggu.. Cukup dihari selasa doang.
Oke sekarang gue bener-bener udah gila...

Nggak ada kata terlambat untuk belajar broh, belajar adalah satu-satunya obat yang bisa membuat kita semua pintar...
Sebenarnya kita semua pintar, tetapi kita nggak pernah tau aja pintarnya kita itu dalam bidang apa aja..
Kalo nggak sanggup dengan siksaan soal-soal UN tersebut broh, santai aja.. Cukup cari kamera dan lambaikan tangan elo, dan bilang "GUE NYERAH!!"
Lebih baik menyerah untuk menang, dari pada menyerah tanpa syarat....Eycyapeydeh

Broh, gue punya saran nih sebelum UN dimulai.

1. Siapkanlah majalah atau koran bekas diatas meja pengawas ruangan elo, Biar mereka nggak terlalu serius ngawasin elo. Bagusnya lagi majalah dewasa...
2. Siapkan makanan kecil atau cemilan di meja pengawas diruangan elo, Karena semua orang juga tau kalo makanan itu dapat mengalihkan amarah seseorang termasuk pengawas elo
3. Siapin air minum, karena air minum harus disiapin juga sebagai pelengkap menu dimeja pengawa kalian.
Lebih mulianya lagi, kalo elo kasih obat tidur didalam air minum pengawas kalian. Agar mereka ngawasnya sambil tidur, dan kalian bebas melakukan apasaja dikelas.

Jangan percaya, kan gue udah bilang gue gila....
Dan jangan lupa selalu berdo'a sebelum Ujian di mulai, karena do'a orang-orang teraniaya seperti kalian itu akan dikabulkan dengan tuhan.

Selamat Menanti Ujian Nasional 2013 Adik-adikku seluruh indonesia..Semoga sukses, Amin.

19 comments:

  1. Bongkaaar! bongkaaar! bongkaaar! iya juga ya, sampek segitu ketatnya unas dikawal polisi. orang yang terindikasi korup aja gak segitunya. mungkin karena moment setahun sekali aja kalo unas-nya..

    ReplyDelete
  2. hahahaha.. ngakak sendiri bacanya, mau komen serius, jadi ikutan gila gara2 postingannya gila :p

    ReplyDelete
  3. hahaha angkatan 2009 juga bro ?
    gue gak percaya dengan kata "tidak ada kata terlambat buat belajar".
    masa gue telat masuk sekolah gak boleh masuk kelas #eh
    sistem pendidikan sekarang makin absurd -__-

    ReplyDelete
  4. mau UN 100 paket juga yang dikerjain cuman 1 paket, muahahaha.

    ReplyDelete
  5. Aku siswa smp kelas 9 angkatan tahun ini. 30 paket, dan lembar soal+jawaban ada barcode-nya-__- udah gitu katanya kita gabakal tau dapet paket apa, kan kalau biasanya dikasih tau paketnya. Kejam banget! Kalau pada gak lulus remua gimana?!-____-

    ReplyDelete
  6. pake polisi segala? baru denger yang ini. berasa penjahat :|

    ReplyDelete
  7. kaya iklan kopi sih tu gambar.. -__-
    polisi itu asal lu tau ya, dia juga bawa jawaban tau, jawaban siapa kepsek yg ngasih dia duit gede :D

    ReplyDelete
  8. ini tulisan yang keren bang. udah banyak peningkatan bang, gue bisa ngikutin ceritanya dengan fun. hebat!


    btw guue baca bener2 "Gue yang dulunya nggak pernah sama sekali sholat jum'at.. Tapi karena beberapa minggu lagi gue UN, maka gue sholat jum'at broh Meskipun tujuannya pulanh bawa sendal baru...
    Gue sholat jum'atnya sampe 3 kali dalam seminggu, rajinkan gue broh...? " itu ada yang salah ngertiknya tuh.. coba deh dibetulin..

    anyway,iya sih bang , tahun ini gue 20 paket. smp(brondong cyinn)
    oke. setelah gue baca postingan lo.. gue jadi semangat buat belajar bang.. smoga gue lulus dengan rata rata 9,999 amin *doa*

    ReplyDelete
  9. huaaaa gue bakal ngerasain yang ini tapi tetep semangat :)
    bongkar!! bongkar!! bongkar rumah elo bang!!

    ReplyDelete
  10. kalau dalam seminggu 3 kali sholat jum'at, udah berapa sendal baru lo bang ?

    ReplyDelete
  11. Hmmm setahuku sih aku lulus karna kemampuanku sendiri, kalau pihak sekolah trus ngebantuin itu diluar pengetahuanku hehehe...

    ReplyDelete
  12. HAHAHA.. kangen jaman ujian.. besok ikutan ujian aja deh.. :D

    nice post :))

    ReplyDelete
  13. jadi kangen jaman ujian dulu *kesannya gue tua amat ya* hahahaha

    ReplyDelete
  14. blogger paling sibuk nih si keriting, komen2 banyak ga dibales :D

    ReplyDelete
  15. Ha ha, thanks semuanya yang udah komentar.
    Gue jadi bingung, sebenarnya gue ini siapa sih? ha ha...

    ReplyDelete
  16. Haha5..
    Sepertinya penuturan si keriting agak "lebay" ne..
    Bagaimana tidak, sejak tahun 2005 UAN berubah format menjadi UN sampai sekarang. Dan hal yang paling menggembirakan dari angkatan 2005 ke atas tuh, kisi-kisi soal UN selalu disediakan pemerintah. Bahkan untuk naskah soal matematika redaksinya hampir sama cuma beda angkanya saja dengan soal-soal tahun sebelumnya.
    Nah, jika memang demikian, sungguh TERLALU jika temen-temen tidak lulus ujian..

    [pasang muka serius, haha5..]

    ReplyDelete
  17. dan akhirnya saya mampu melewati UN 2013 ini dgn hasil memuaskan, yg konon sbg UN terburuk sepanjang masa :D

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)