// // 26 comments

Wooowww Puasa..

Harus gue akui, menjadi anak kost merupakan anugrah yang sangat beharga banget bagi gue. Dan suatu jalan yang paling pantas untuk hidup sebagai pecinta budaya gratis, kaya gue. 
*Semua boleh gratis, tapi tidak untuk soal Hati :P

Udah lama banget gue gak ngeposting di blog, karena ada beberapa pekerjaan yang harus gue selesaikan tepat waktu, salah satunya tugas kuliah yang numpuk banget. Posting kali ini gue mau ngebahas tentang cara-cara puasa beberapa orang yang menurut gue Wowwww banget!!

Puasa memang merupakan kewajiban untuk umat islam, yang harus di lakukan selama 30 hari penuh. Banyak cara orang melakukan puasa itu sendiri, salah satunya dari persiapan mereka sebelum hari pertama puasa. Dan gak jarang pula mereka juga menggunakan tradisi yang menurut gue Wowww banget, sebagai penambah kentalnya suasana berpuasa di indonesia.

1. Tradisi bangunin orang sahur 

Mungkin sudah gak asing lagi dengan mereka yang melakukan tradisi ini, biasanya mereka menggunakan barang-barang seadanya untuk membangunkan orang-orang di sekitarnya untuk sahur.
Gue juga udah pengalaman bangunin orang untuk sahur, dengan cara yang lebih sederhana yaitu teriak-teriak pake Toa masjid dan bilang " Sahurr.. Sahurrr.. Waktu imsak 5 menit lagi!!" Padahal waktu itu masih jam 2 Pagi.

Ini anak siapa sih?

2. Menyiapkan Santapan Sahur.

Waktu sahur bareng keluarga di kampung, biasanya emak gue selalu bangunnya lebih awal dari pada bapak gue, gue dan seisi rumah. Beliau sengaja bangun lebih awal, hanya karena untuk menyiapkan santapan sahur buat keluarga gue.

Tapi beda banget kalo sahurnya di Kost. Di kost biasanya gue gak bisa bangun kalo gak di bangunin "Petugas sahurr". Tugasnya cuma bangunin orang sahur aja, Teriak-teriak.. Sahuuurrrr!!!.

Salah satu kesulitan bagi anak kost cowok adalah males masak, dan itu adalah kejujuran dari hati gue sendiri. Gue paling males banget, baru bangun tidur terus masak di dapur. Padahal yang mau di masakin cuma mie instan doang. *Pantesan rambut lu kayak mie instan Dan..

Tetangga sebelah..
3. Tradisi ngabuburit

Ngabuburit adalah istilah yang di gunakan orang-orang indonesia, khususnya orang sunda. ngabuburit adalah menunggu waktu adzan, ada juga yang bilang ngabuburit jalan-jalan sore sambil menunggu beduk adzan maghrib. 
Tujuannya hanya satu, yaitu menghilangkan rasa "lama" untuk menunggu beduk adzan maghrib.
Banyak yang bisa di lakukan saat ngabuburit, mulai dari kumpul-kumpul ama temen, jalan sore, ataupun di tempat keramaian.
Anak motor lagi ngabuburit!!

4.Buka Bareng

Jujur, paling enak itu buka barsama "BUKBER". Sebagai anak kost yang taat beribadah dan rajin menabung, gue sangat antusias banget dengan adanya buka bareng di mana-mana. Salah satunya di masjid di pertigaan Depan kost gue, di sana selalu ada menu-menu sederhana buat berbuka selama bulan puasa.

Gak hanya di masjid, gue juga suka di ajak buka bareng ama temen-temen gue. Temen-temen komunitas, satu kelas ataupun bareng temen-temen Sma dulu. *Mental Gratisan!! yuk mari...

Kebersamaan itu sama rata

Mungkin cuma ini yang menurut gue Wowww banget. mungkin benar, banyak orang yang bilang perbedaan itu akan terasa indah jika kita menjalani semuanya dengan kebersamaan. 
Sebagai anak kost yang baik hati, rajin beribadah dan gak sombing, gue ucapin selamat menunaikan Ibadah Puasa ya temen-temen semua.. Semoga puasanya lancar-lancar aja. Amiin!!

Gue "Umar dani" mohon maaf apabila pernah menyinggung ataupun kata-kata yang kurang berkenan di hati kalian semua, Gue Mohon Ma'af yang sebesar-besarnya. 
Minal Aidzin walfaidzin.. Mohon ma'af lahir dan bathin.


26 comments:

  1. Yg bangunin orang sahur tuh terkadang menganggu yg tidak berpuasa juga lho...just saying...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous19/7/12 12:06

      kalau gitu pindah aja ke negara lain gan.. heheheu just kidding --v

      Delete
  2. kurang satu dan, Nyiapin Amunisi buat Petasan ama Kemvang api

    ReplyDelete
  3. tinggal hitungan jam lagi... :D mampir balik ya sob...!! :D

    ReplyDelete
  4. Sebagai anak kost yang baik hati, rajin beribadah dan gak sombing ?

    Bukber , emang WOW banget ajang ngumpul bareng,reunian sama temen'' yang lama gak ketemu :)

    ReplyDelete
  5. postingnya bener semua..potonya itu yg gila loe pada hahahaha

    emak mnt maaf jg klo ada salah ya Dan...disini bsok ada tahlilan akbar Dan..mknnya buanyaaaak :-P

    ReplyDelete
  6. Gue suka cara yang ke-4 Buka Bareng,kebetulan anak kos. salam kenal bang

    ReplyDelete
  7. paling malas kalo ada yang bilang "gak kerasa puasa tinggal ... hari lagi" -_-

    ReplyDelete
  8. sbgai ank kos jga, mnyiapkan santapan sahur itu berat bgtzz..msk bru bngun, lgsung k dapur. klo malasny kumat, ujung2nya mnum susu plus roti..

    ReplyDelete
  9. astagaaaaaaaa.. itu yang lagi masak buat sahur -____-"

    ReplyDelete
  10. itu yg lgi masak gak ada yg lebih absurd lgi bang -,-
    selamat menunaikan ibadah puasa bang daney :D

    ReplyDelete
  11. Tawuran mercon tiap subuh jangan lupa bang! Muahahaeu

    ReplyDelete
  12. wow itu yang masak mebuat dosa eheheheh mampir balik gan n jangan lupa follow ia ane tunggu

    ReplyDelete
  13. hahaha ...
    tambah lagi bang , tradisi tidur seharian ...
    kan tidur itu ibadah :D

    ReplyDelete
  14. itu yang mbak2 lagi masak,mau masak atau pup:D

    ReplyDelete
  15. ritual yang ane pasti lakuin adalah nomer 4.

    ReplyDelete
  16. tambahin ritual mandi 5 kali sehari , sama gosok gigi tiap 1 jam wkwk

    ReplyDelete
  17. derita anak kost,,,dari buka ampe sahur makananya mie instan

    ReplyDelete
  18. wah seriusan kang pernah ngelakuin yang nomer 1 hehe
    btw bangunin orang sahur di daerah saya (Surabaya ama SidoarjO) dengan keliling nabuh kentongan dah hampir punah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, di sekitar kost gue masih ada yang begituan. he he

      Delete
  19. Tradisi menyiapkan santap sahur? Bukannya itu wajar yak bagi yang berpuasa? #justsaying

    ReplyDelete
  20. Salam kenal, ditunggu kunjungannya ya :)

    ReplyDelete
  21. Manteb nih Artikelnya . Blog nya juga keren . Sayang Blog saya ga kaya gini . tapi mudah mudahan admin blog ini mau ke blog sederhana saya :) dan meninggalakan komentar nya

    http://share4rt.blogspot.com/2012/09/pegipegicom-booking-hotel-murah-mudah_22.html

    ReplyDelete

Dimohon untuk berkomentar dengan penulisan yang baik dan sopan, agar mudah dipahami dan enak dibaca. Terima kasih :)